Sunday 1 January 2012

Halo

The Elements of Style adalah sebuah buku kecil tentang tata cara penulisan yang baik dalam bahasa Inggris. Buku seharga USD 9.95 ini mendarat di pangkuanku pada suatu sore yang dingin di Bandung. Pemberinya pria yang umurnya dua kali umurku, penulis blog traveling, ramah, dan mentor yang menyenangkan. Buku ini memuat hal-hal berguna seperti 'Form the possesive singular of nouns by adding 's' atau 'Place a comma before a conjunction introducing  an independent clause', tapi yang paling kusuka adalah judul buku saku ini, sebuah pernyataan bahwa style dibentuk dan memiliki elemen.

Menurut kamus Mirriam Webster, Style diartikan sebagai a way of behaving and doing things. Sebuah cara untuk berperilaku dan melakukan hal-hal tertentu. Secara sadar (atau tidak), beberapa dari kita memiliki gaya-gaya tersendiri untuk menghadapi dunia. Mempunyai pilihan-pilihan dan tindakan-tindakan yang menyebabkan, bila dikatakan secara puitis, membuat dunia berputar. Elemen-elemen yang membentuk pola pikir seseorang menurutku adalah sesuatu yang menarik.

Kurt Vonnegut mengatakan menulislah untuk membuat senang satu orang. Kalau kamu bercinta dan membuka jendela pada dunia, pasti ceritamu akan terkena paru-paru basah! Kuputuskan satu orang itu adalah diriku sendiri. Tetapi kuharap, dari setiap cerita setidaknya ada satu atau dua yang kalian suka. Hal yang menyenangkan dari memuat cerita di dalam blog adalah : kalian bisa memberi komentar langsung di tiap posting  (yang sebenarnya sedikit menakutkan buat para penulisnya).

Aku memulai ini dari sebuah buku kecil dari seorang teman baik, yang mungkin saat ini sedang menatap ladang jagung di Kansas. Tornado tidak membawanya ke Oz tapi ke kota kecil yang padat di Jawa Barat, menemukan jalannya untuk bertemu denganku, duduk bersama ditemani kopi dan segudang cerita. Ia mengatakan padaku, Mima, tidak ada yang namanya diam di tempat, hanya ada dua pilihannya, kamu jalan maju ke depan, atau mundur ke belakang. 

Januari ini, aku maju ke depan. Berdoa semoga tidak terkena paru-paru basah, dan berharap semoga elemen-elemen pembentuk manusia di dalam tulisan ini setidaknya membuat kamu berpikir, elemen apa yang membentuk dirimu?
 

3 comments:

  1. suka deh sama gaya nulisnya :)

    ReplyDelete
  2. sy setuju dgn kalimat : Kurt Vonnegut mengatakan menulislah untuk membuat senang satu orang.. at least im happy when i m writing... :)

    ReplyDelete
  3. terimakasiiih.. semoga suka terus selama januari ini, :D hehehe..

    ReplyDelete